Berita

Jalan Kemenangan Islam

Oleh: Dr. A. Ilyas Ismail, MA

  1. Islam adalah agama yang unggul (menang) tidak ada ajaran/agama lain yang mengungulinya (al-Islam ya`lu wa la yu`la `alaih). Ketiak Islam diterjemahkan dalam ruang dan waktu, maka lahir komunitas Islam (umat) yang juga unggul, the best ummah (QS. Ali Imran/3:110). Faktanya, sejak Nabi Muhuammad saw sampai dengan paruh pertama abad ke-13 (jatuhnya Baghdad), tidak komunitas di luar Islam yang mengungguli Islam di Timur maupun di Barat. Pertanyaannya, kenapa sekarang umat Islam mundur dan terbelakang?
  2. Dalam al-Qur’an bertabran ayat tentang janji kemenangan Islam, misalnya, untuk menyebut beberapa al-Taubah: 33, al-Hajj: 41, al-Maidah: 54, al-Nisa: 133, dll.
  3. Dalam Islam, konsep menang itu ada 2 macam, menang secara fisik dan menang secara maknawi. Menang yang dikehendaki oleh Islam adalah keemnangan sejati, menang lahir dan batin seperti kemenangan yang ditunjukkan oleh Nabi Muhammad saw dan generasi terbaik Islam sesudahnya. Ternya menang itu fitrah dan kecenderungan naluriah manusia, mengingat tak ada manusia yang mau kalah. Konsep kemenangan juga berkembang dari menang-kalah (win-lose), menang-menang (win-win), dan bersama, semua menang (winning together). Kemenangan sejati adalah kemenangan ke-3, yaitu bersama menang atau menang bersama.
  4. Janji kemenangan itu bisa dilihat dari 2 sumber (argument), argument naqly (seperti bertaburan ayat dalam al-Qur’an) dan argument historis (tarikhy) berupa fakta sejarah pada masa Nabi, sahabat, perang salib, perjuangan kemerdekaan, dst.
  5. Rahasia kemenangan Islam yang dijanjikan itu memerlukan syarat-syarat. Di antaranya sbb:
  6. Quwwat al-iman wa la-yaqin
  7. Quwwat al-ilm wa al-tegnologiyyah,
  8. Quwwat al-jihad, boleh al-i1tiraf, tetapi tdak boleh al-taslim
  9. Wuwwat al-awahdah wa al-tarabuth bain al-muslimin
  • Kemenangan pasti datang seperti yang dijanjikan, asalkan umat Islam terus berjuang, tidak pasrah dan menyerah, never hand up……Disadari, untuk mencapai kemenangan, kita butuh waktu, stamina, dan determinasi tinggi. Yakinlah, kemenangan itu pasti datang.

Masjid al-Jihad, Kranggan Permai, Ahad, 11 Oktober 2020

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button